Haji Sulam

Ah, ada lagi sinetron tentang Haji Sulam, sang tukang bubur itu, siang ini.
Dan saya tonton lagi, tentu
Ceritanya simpel, tentang seorang tukang bubur bernama Sulam, yang punya kebiasaan membagikan rejekinya dengan cara rutin memberi makan buat anak yatim, walau cuma berupa bubur ayam. Demi mendo’akan ibunya yang pengen sekali menunaikan ibadah haji, ibadah puncak idaman kaum muslim.

Dan Allah mengabulkan usaha dan do’anya. Rejeki balasan dari Allah, bukan cuma bisa buat memberangkatkan ibunya naik haji, tapi juga sekaligus dia sendiri dan isteri, dan juga Mang Ujo, yang senantiasa mendo’akannya dan ikut menuliskan tambahan huruf H. di awal namanya di gerobak bubur ayamnya.

Tokoh yang asik juga untuk disimak adalah tukang warung, pak haji yang konon sudah naik haji dua kali. Bukannya membaik akhlaknya, yang ada malah ngiri dengan semua keberuntungan yang seolah-olah beruntun ‘menimpa’ Haji Sulam yang sederhana.

Inti cerita yang harusnya diikuti adalah, tetap sederhana, gak pernah letih berdo’a dan bersyukur akan rejeki dari Allah SWT.

Lalu, jangan pernah berhenti berbagi dan bersedekah dengan siapapun yang memerlukan bantuan dari kita. Toh, selain jelas dapet pahala, ada berlipat-lipat balasan dari-Nya yang menunggu untuk membanjiri kehidupan kita.

Advertisements

9 thoughts on “Haji Sulam

  1. yans"dalamjeda"

    Setuju bro. Hidup dengan cara sederhana bukan berarti tidak memiliki apa-apa. Bentuk rasa syukur atas semua rahmat Nya disertai do’a dan ikhtiar. Selamat bersedekah dan terus berbagi.
    Tks n salam kenal.

    Like

    Reply
  2. tuteh

    Hahahaha iya iya!
    Jadi ceritanya tiap jam 10, yang bantu2 di rumah itu udah selesai kerjanya, dia dan anak2 kost sukanya TPI sementara T suka pindah2 (yang justru cuma liat iklan)… beberapa hari ada sinetron pagi di TPI… tiba2 kemarin or dua hari lalu (lupa) ada kisah tentang Haji Sulam itu… Mat Solar yang maen kan? T nontonya nggak sampe selesai karena mesti ada kerjaan di luar… nontonnya pas nyampe Haji Sulam diarak keliling kampung… hehehehe L:D

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s