Nama Pohon Sepanjang Jalan Menuju ke..

.. ke little school-nya Q .. Tadi adalah menyenangkan.  Karena Q sepanjang jalan nanya nama-nama pohon.  Saya sih senang-senang banget ngasi tau pohon yang saya tahu namanya.  Walau ternyata ada beberapa yang saya belum tahu dan ga hapal, baik itu nama panggilan maupun nama latinnya.

Tadi sih yang teringat adalah Mangifera indica, Musa paradisiaca, Casuarina sp, Nepehelium lappaceum, Gnetum gnemon,, Leucaena leucocephala, Morinda citrofolia, Plumeria sp dan entah apa lagi.  Banyak juga ternyata, baru nyadar.

Rasanya sedikit kecewa dan malu juga euy, saat Q nanya dan saya tak bisa menjawabnya.  Apalagi saat dia antusias nunjuk-nunjuk pohon dan taneman sambil nanya-nanya tak henti-henti.

Tampaknya saya harus lebih berhati-hati lagi kalo nyuruh anak-anak belajar, karena saya pun masih terlampau banyak harus belajarnya.  Paling tidak, harusnya bisa menjelaskan dan menjawab tanya mereka.  Baru ditanya nama sesuatu saja banyak yang belum tau, apalagi ntar ditanya tentang proses, sistem, morfologi dan mbuh apa lagi, ngeri membayangkannya 😐

Baiklah Q, mari besok kita tanya jawab nama pohon lagi, sekarang nyerpis motor dulu.

Advertisements

11 thoughts on “Nama Pohon Sepanjang Jalan Menuju ke..

  1. devieriana

    Jadi inget jaman SMP, pertama kali mengenal pelajaran Biologi.
    Mangifera Indica itu mangga, ya? Gnetum Gnemon itu.. kalo ga salah melinjo, Oryza Sativa itu padi :mrgreen:

    Eh iya, dulu temenku ada yang namanya Oryza, mungkin kalo nama Jawanya itu… Sri kali ya? Kan Oryza Sativa itu padi, padi kan identik dengan Dewi Sri… 😆
    #abaikan

    warm : kesimpulan yg menarik 😐 mungkin yg bernama mbak Sri bagus hokinya kalo jualan beras 😐

    Like

    Reply
  2. Dian

    canggih aja ngajarinnya bahasa biologinya langsung, aku malah udah ga inget blas 😀

    warm : ah nggak segitunya kok, saya ya nyebutin nama pohon yg biasa aja kok, itu jg banyak yg ga taunya :mrgreen:

    Like

    Reply
  3. juminten

    haduh, aku nyerah deh kalo pelajaran hafalan gitu. Makin ke sini lebih suka pelajaran yg makin dekat dengan praktek dan implementasi. hehehe… 😛

    nanti kalo punya anak, gmn ya? masa aku suruh anakku gugeling sendiri? -___-

    Like

    Reply
  4. desty

    eh?? Q dikasitahu nama Latinnya?Hebaaat…
    Saya juga biasa kayak gitu. Kalau lagi perjalanan jauh biar ga bosan, lihat-lihat pohon di tepi jalan, sambil disebutin nama latinnya 🙂
    Ohya, ada yang nanya Pohon Willow? bahasa indonesianya pohon dedalu. Jangan tanya saya kayak gimana pohonnya. itu juga tahunya dari buku cerita anak-anak 🙂

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s