Mempercepat loading blog

Walaupun theme yang saya pakai sudah super minimalis, anehnya loadingnya sering lambat, apalagi theme no frills 5 ini yang merupakan gabungan 2 theme sekaligus, yaitu theme Origin sebagai theme induknya.

Selama ini saya suka sok tau *dan masih saja gitu* merubah-ubah css nya.  Sampai kemarin saya gugling cara mempercepat loading blog, dan ada satu bagian yang malah jarang saya utak atik, yaitu : plugins.

Berdasarkan hasil contek sana sini, akhirnya saya instal 3 plugins baru, yaitu better wp minify, wp gzip compression dan  W3 total cache.

Lumayan lah, score hasil test di google page speed meningkat dari 73/100 menjadi 87/100.

Kemudian hasil tes di gtmetrix juga lumayan, walau load speed masih kalah ama kamaratihbatik.com punyanya carra.  Hasil compare bisa diliat disituh.  Keliatan beberapa bagian yang harus diperbaiki jika ingin mendapatkan grade A.

Sepertinya beberapa itu terkait server, dan saya tak mengerti pun 😐  Jadi nikmati yang ada dulu saja lah.  Lumayan kan ?

7 thoughts on “Mempercepat loading blog

  1. adiarta

    dulu saya juga pernah menggunakan w3tc, hanya saja ada masalah terkait dgn tampilan di mobile… skarang saya hanya menggunakan wp super cache yg direkomendasikan oleh penyedia hosting blog saya…

    warm : makasih infonya bro

    Like

    Reply
  2. macangadungan

    Aku perasaannya cepet-cepet aja om 😆
    Sekarang kayaknya aku udah gak bisa ngikutin perkembangan css (-_____-) tiap mau ngotak-ngatik sendiri, buntu melulu. akhirnya ndak kuapa2in. sebel.

    warm : aku suka sok tau aja itu euy 😆

    dan iyalah ditempatmu cepet, koneksinya pasti oke bgt 😀

    Like

    Reply

Leave a comment