10 Syrian Junior

Beberapa hari yang lalu, menemukan kenyataan bahwa hamster betina berjenis Syrian Long Hair itu, perutnya membesar.  Saya ga ngerti apakah itu bunting apa kegemukan karena kebanyakan makanan.

Eternyata, pas hari jum’at, beberapa saat sebelum jum’atan.  Saya sekilas menengok itu betina kok perutnya rada langsing.  Lalu mata pun melirik ke rumah-rumahannya di tingkat dua kandangnya. Dan ternyata ada bayi-bayi hamster yang gedenya cuma seduapertiga kelingking saya.  masih merah-merah, uget-uget pula.

Panik.  Saya tak pernah menemui kelahiran hewan sebanyak ini, saya pikir cuma enam, setelah dihitung ulang, ada sepuluh biji sodara-sodara!

Langsung ngacir cari kandang baru, untuk misahin dari jantannya.  Konon kalo digabung takutnya jadi predator buat piyik jabang hamster itu.

Lalu dapet kandangnya, dipisah.  Ganti litter buat betina dan anak-anaknya, kasih sobekan kertas tissue buat bikin sarang-sarang.  Oh makasih gugel yang udah ngasi tau cara menangani hamster yang baru melahirkan.

Cepat juga ternyata hamsternya dewasa kelamin euy.  Sekali beranak juag segitu banyak.  Mengasikkan juga melihat proses awal betina menyiapkan sarang buat anka-anaknya, lallu bagaimana paniknya dia memindah anak-anaknya kayak kucing, pake digigit gitu.

Sekarang udah tenang disudut sarang buatannya, menyusui super junior yang sepuluh ekor itu.  Sang jantan sendiri, anteng sendirian di kandang satunya.  Ck ck bukannya ngebantuin jagain anaknya gitu ya ?

Advertisements

8 thoughts on “10 Syrian Junior

  1. Kimi

    Aku sekarang lg baca The Selfish Gene. kebetulan lg di bab the sex battles. isinya ya ngebahas ttg kenapa jantan itu gak mau ikutan ngerawat anak2nya. Dan jawabannya adalah… lupa juga. 😆

    Like

    Reply
  2. desty

    kan dipisahin om.. coba kandangnya masih disatuin. Anaknya dijagain kok.. (tapi dalam perutnya ) hehe.. #komensadis

    eh, 10 super junior itu mau dipelihara sampai gede? lama2 ternak hamster deh..

    Like

    Reply
  3. warm Post author

    @ Kimi :
    sex battles ? bagian yg menarik tampaknya *eh

    @ desty :
    skarang sisa 2 tuh euy 😐

    @ Latree :
    menurut referensi, cuma jenis Syrian yg gitu, kalo campbell ikut ngejagain kok, jadi ya kyk manusia juga macam2lah #halaghdibahas

    @ putrimeneng :
    eh hati2 lhoh ngetawain jd kualat ntar 😐 #eh

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s