Koeis Djoem’at : Kebanyakan

Jadi, cuma ingin mengatakan bahwa saya biasa bikin donat dari kira-kira setengah kilo alias 500 gr tepung protein tinggi dengan merk Cakra kembar dicampur dengan satu sachet fermipan yang isinya 11 gr.  Itu tadi pagi jadinya kalau tidak salah sekitar 24 biji.  Jadi kalau di rata-rata adalah, 500/24 = 20,833 gr tepung dan 11/24 = 0,4483 gr ragi kering.

Dan yang mendekati itung-itungan donat saya adalah Prima , ya tunggu saja komiknya dengan sabar ya.

Oh tampaknya saya kebanyakan ragi, emang apa pengaruhnya kalo kebanyakan ragi ?  Trus saya juga bertanya-tanya, kalau kelebihan telor, mentega, tepung, gula akibatnya gimana sama donat ?

Itu aja deh untuk pertanyaan #koeisdjoem’at kali ini. Hadiahnya buku tentang kerennya berbagi bagi satu orang pemenang sahaja.  Dipersilakan.

😀

 

Advertisements

8 thoughts on “Koeis Djoem’at : Kebanyakan

  1. latree

    550 gram tepung dikasih 11 gram fermipan? itu raginya kebanyakaaaan… pasti donatnya gendut dan kempos…

    kalo kelebihan telor adonannya benyek ga bisa dibentuk
    kalo kelebihan mentega… kalo kelebihan dikit ngga ngaruh. kalo kelebihan banyak lembek juga.
    kalo kelebihan tepung adonannya keras. donatnya juga jadi keras.
    kalo kelebihan gula jadinya terlalu manis dan gampang gosong waktu digoreng

    Like

    Reply
  2. Arby

    Baiklaaahh saiah mencoba untuk menjawab,, dan berhubung saiah lagi banyak waktu luang buat nulis2, sekalian ditulisin pengaruhnya kalo kurang ma saiah…

    1. Apa pengaruhnya kalo kebanyakan ragi ?
    Uhmm, adonan donatnya sehabis diistirahatin pasti jadi ngembang banget. Trus kalo digoreng jadi lebih berasa angin dari yang seharusnya.
    Kalo raginya kurang jadi berasa bantat trus kalo dibentuk jadi kayak mainin plastisin

    2. Kalau kelebihan telor gimana?
    Kalo ini c pengalaman dulu pas bikin kue (walo kue kering), adonannya jadi gak bisa dicetak.. lembek banget.
    Kalo kurang telornya, uhmm.. apa yah, gak pernah kurang tuh, adanya kelebihan mulu…

    3. Kalau kelebihan mentega?
    Mirip2 efeknya ama kebanyakan telor.. Trus rasanya jadi agak asin dari biasanya (kalo gak pake yang unsalted)
    Kalau kurang?! uhmm gak tau :p

    4. Kelebihan tepung?
    Uhhmmm… gak tau c, mungkin jadi gak enak…. trus keras gitu…
    Kalo kurang tepung, dalam perbandingan tertentu bisa gak jadi donat, tapi jadi omelet (bayangin ajah 3 biji telor dicampur ama 3 sendok makan tepung)

    5. Kebanyakan gula?
    Pastinya jadi manis! 😀 bentrok ama rasa topingnya ntar (kali mau ngasi toping abon cabe gitu, atau cocol sambal bajak :p)
    trus biasanya jadi matang di luar tapi dalamnya enggak.
    Kalo kurang, gak manis dunk…

    Like

    Reply
  3. tu2t widhi

    eeaaa!! knapa bisa kebanyakan siyh?? tu2t akan mencoba menjawabnya dengan logika ketika dulu masih aktip bijin jajan 😛

    kebanyakan ragi: mengembang dengan suksesnya, tapi ntar malah gembos 😛

    kelebihan telor: enak siyh.. lebih kenyel.. tapi lembek susah dicetak XD bentuknya jadi nglembreh 😛

    kelebihan mentega: berminyak bow~ susah keringnya ntar kalo digoreng..

    kelebihan tepung: bisa dibentuk tapi alot.. kalopun digoreng ntar kasian yang makan.. lebih kasian lagi kalo gak suka krn atos trus dilempar.. ntar mengenai korban dan bakalan treak2 XDDD~

    kelebihan gula: kemanisan dan gampang gosong kalo digoreng~

    yah sekian jawaban dari saya.. terima kasih ^^

    Like

    Reply
  4. ipied

    jika kelebihan ragi, kelebihan tepung, kelebihan mentega, kelebihan telor ya… jawabannya donatnya jadi banyak dong… donatnya jadi kelebihan 😆

    sinih mending dikirim ke rumah saya saja kelebihannya 😆

    Like

    Reply
  5. Opat

    kalo kelebihan ragi jadinya asem. nngg,, gak tau gimana ngaruhnya sih cuma aku mbayanginnya gitu. misal kan ya, singkong yang mau dibuat tape kalo kebanyakan ragi kan kandungan alkoholnya gede dan tapenya jadi lebih asem.

    kebanyakan telor, mentega, gula, ya tergantung kebanyakannya segimana sih, oom. itu bahan bisa kok dibanyakin sesuai selera. kalo mau lebih lembut, atau lebih manis, atau bahkan lebih keras. tapi kalo yang semua dibanyakbanyakin pake banget ya jadinya mblenyek dan gak jadi deh adonan donat sesuai kriteria umum..

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s