Koeis Djoem’at : Jus

Minuman favorit juice alias jus memang tiada duanya, selain teh hangat.  Di Jogja ini, jus begitu murahnya, Cuma sekitar lima ribuan dapat sudah jus buah nan segar.  Dan ini beneran jus buah, misalkan jus mangga ya mangganya sebiji penuh, jambu malah harus dua biji.  Tak seperti di kampung saya, jusnya rada cair, kebanyakan air dibanding buahnya.

Jus favorit saya adalah campuran sawo dan semangka, rasanya aneh-aneh absurd tapi seger gitu.  Selain itu, berdasarkan referensi , dua buah itu adalah afrodisiak alami #eh

Selain dicampur dengan semangka, saya pernah mengkombinasikan sawo dengan buah naga, mangga, jambu, sunkist.  Buah sawo memang tampaknya rada susah dicampur sama buah yang lain, selain rasanya kadang ajaib, warnanya dijamin keruh gitu 😐

Nah, untuk kuis kali ini gampang, saya cuma minta saran, itu buah sawo bagusnya dicampur atau dikombinasikan sama buah apa lagi yang kira-kira enak rasanya.  Ntar yang kira-kira asik saya cobain, dan yang menurut saya kombinasi buahnya enak saya kasih satu hadiah.

Kali ini tak buku, kebetulan ada modem Huawei EC1261-2 yang unlock.  Bisa diisi sama smartfren, flexi, esia.

Untuk pemenang koeis djoem’at kemarin adalah, Rini Astuti Handayani dan ~Ra , ditunggu alamatnya di rd.syarani@gmail.com.

Demikianlah, selamat menikmati jus di hari jum’at.

18 thoughts on “Koeis Djoem’at : Jus

  1. kw

    jus sawo, wah saya belum pernah nyoba mas. tapi kapan-akapan akan aku coba, bikin sendiri pastinya. soalnya sampai sekarang belum pernah nemu jus sawo di warung-warung di jakarta yang pernah aku datangi.

    oh ya di jakarta kalau mau pesen jus, harus lebih riwil. memastikan apakah yang dimaksud jus mangga itu benar-benar jus dari buah mangga yang masak di pohon atau bukan.

    karena beberapa warung kopi menyediakan jus buah, namun mereka hanya kasih essence rasa buah tertentu yang berpengawet. pernah pesan jus jeruk, yang keluar nutrisari pake es dengan harga 42 ribu.

    biar ga nyesel, tiap pesan jus, harus pastikan apakah jus yang dijual benar-benar dari buah segar. beberapa waiters agak shock mendengar pertanyaan itu, dan menganggap aku becanda belakan. namun akhirnya mereka paham setelah aku menjelaskan. *riwilnya pembeli seperti aku yang datang ke warung kopi itu jarang-jarang.

    sampai sekarang saya suka jus pisang, meski di beberapa tempat tidak menyediakan, jadi mas auk silakan coba membuat jus kombinasi buah sawo yang teksturenya “berpasir” dengan buah pisang yang teksturnya sangat lembut….pasti nyam nyam…

    🙂

    Like

    Reply
  2. Rini Astuti Handayani

    Om, ini aku boleh ikutan jawab kan yah 😀 😀

    dicoba yah om, coba di mix antara seperti ini. jawabannya boleh dari satu ndak om?

    kalo ndak boleh, coba di mix dengan Strawberry. selain warnanya dan rasanya strawberry itu khas. dan mempunyai keunikan tertentu.

    tapi kalo boleh dari satu jawabannya. coba di mix juga.

    1. sawo dengan belimbing.
    2. sawo dengan sirsak.

    silahkan dicoba yah, om 😀 😀

    semoga enyaaaaakkkkkkkk…

    Like

    Reply
  3. Idha Septriarini

    Ikutaaaannn kuissss om, siapa tau beruntung …
    weeenaknya di campur buah NANAS dijamin maknyusss gak nek, perpaduan manis dan masam. Pasti segerrr apalagi jogja puanass gini. Selamat dicobain om 🙂

    Like

    Reply
  4. ~Ra

    :D…. Aku mau modemnya…

    Ini om, aku kasih resep nan jitu.

    Tahu buah kersen kan? Talok kalau orang jawa bilang, atau Muntingia Calabura L, kata Tante wiwik.

    Nah, sawo itu cocok sama buah talok. Bisa buat obat herbal juga, anti asam urat.

    Kalau sudah jadi jusnya, bisa tuh ditaburin talok yang masih utuh, biar kayak bolo-bolo..

    😀

    Semoga menang lagi ya om.. 😀

    Like

    Reply
  5. naussea

    menurut penalaran saya, sepertinya om warm kudu mencicipi resep ini deh

    sawo, anggur, sirsak, trus susunya dua sendok makan aja om, trus campur aer putih deh, paling enak dalam keadaan dingin om, dan rasanya itu … hmmm … maknyuuussss 😀

    Like

    Reply
  6. Arby

    Uhhmmm, coba ikutan jawab…

    Sawo campur kedondong coba.. eh, tapi ini jus yah, bukan rujak kan yah?

    Uhhmm… Sawo campur anggur deh. Eh, tapi anggur jarang dijadiin jus yah. Tapi coba ajah kali ada yang jual. Gak nanggung kalo gak enak c yah :p

    Like

    Reply
  7. Titus Twelve

    Minuman favorit jus dan teh.

    Gimana kalau buah sawo di campur dengan teh.

    Kebanyakan jus itu campuran buah dengan susu atau sari jeruk.

    Coba dengan Teh pasti enak. Apalagi teh khas Jogja. Atau teh khas banyu anget.

    Like

    Reply
  8. Gilang

    cukup dengan perasan air lemon,,diminum di pagi hari sebelum beraktifitas,, air lemon menyegarkan sehingga membuat tubuh kita fit sepanjang hari,, 😀

    Like

    Reply
  9. arga litha

    jus biasanya dicampur susu. Kalau mau jus sehat ya dicampur sawi. Nanas dan lemon udah biasa jadi campuran jus sehat. Mau yang beda? Aku udah nyoba.

    sawo sama juwet itu enak, Bang. Tahu gak? Klik ini (http://resepkeluargacinta.blogspot.com/2009/11/juwet-aka-duwet-aka-buah-jamblang.html) biar tahu. Hehe

    Rasa juwet itu kecut-asem-manis. Nano-nano lah, cuma gak ada asinnya. Makanya kalau makan juwet, biasanya ditambah garam, Bang. Enak banget, aku suka. Buah ini udah hampir punah, sih. Eh? Iya, di pasar jarang banget yang jual. Tapi musim hujan gini biasanya ada.

    Sawo yang manis dicampur juwet jadinya maknyus. Perpaduan nano-nano akhirnya muncul. Yah, lagi-lagi, tambah garam dikit. Jangan takut hipertensi, gak bakal. Soalnya buah juwet kaya vitamin C. Sedangkan sawo kaya vitamin A. GAK PERCAYA? Cari aja referensinya 🙂

    Like

    Reply

Leave a Reply

