Tips Agar Suara Bagus

Ingin suara bagus, power napas yang keren?

Saya ingat dulu abah saya bercerita waktu melatih suara beliau agar bagus dan napas panjang, dulu latihannya pas mandisaat subuh, berendam di sungai, menyelam kemudian berteriak keras-keras.  Makanya suara beliau pas mengaji bagus dan napas beliau juga kuat.

Lain waktu saya ingat mantan vokalis band abal-abal saat slta, si R**i, itu namanya, saat melanjutkan kuliah di Malang, ternyata selain meneruskan kuliah juga meneruskan bakatnya dan sering menjadi vokalis andalan bandnya saat tampil disana.  Ternyata dia melatih vokalnya juga dengan berteriak di dalam air, tapi karena dia kos dan sekitar kosnya tak ada sungai yang bisa dipakai buat berendam, dia sering melatihnya dengan berteriak di dalam bak mandi.

Iseng barusan gugling, ternyata itu tips klasik untuk melatih suara biar bagus.  Salah tiganya yang melakukan hal itu adalah *** ****** , **** *****,dan anak SMP dari Belitung Timur yang katanya bagu saat membawakan lagunya Adele.

Jadi, bagi siapa saja yang ingin suaranya bagus, powernya kenceng, coba deh tips klasik disitu.

*pagi-pagi yang teringat akan power muadzin di masjid nurul ashir yang suaranya sungguh keren dan tak mampu saya ikuti sama sekali..

Advertisements

4 thoughts on “Tips Agar Suara Bagus

  1. antyo

    Napas dan pengaturab emosi. Penting itu. Emang sih, tambah tua bisa berkurang.
    Makanya sara Sawung Jabo waktu muda itu bisa penuh, dia celathu dari belakang, tanoa ngotot teriak, aja kedengaran ama yang di panggung.
    Iwan Fals jg menguat vokalnya setelah nyemplung Swami yang workshopnya berbau Bengkel Teater.
    Saya punya temen, bukan vokalis, tapi sejk kecil biasa mengaji dengan teknik vokal yang kata orang bener. Kalo dia teriak emang beda, lebih “kempel” gitu.
    Dalam demonstrasi sering kita lihat, orang yang bersemangat, bahkan dengan bantuan megafon, pun nyerah setelah beberapa kalimat seruan. Suaranya habis, parau.

    Like

    Reply
  2. warm Post author

    @paman tyo. iya paman, dan juga faktor latihan itu tentu saja, salah satunya ngatur pernafasan ya seperti cerita saya di atas itu
    *ah saya ngebales komen sampeyan kok ya terkesan mbulet gini toh yo*

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s