Ngobrol dengan si mbah

Pemilik rumah kontrakan yang saya tempati sekarang adalah seorang mbah-mbah, yang sudah tua *yaiyaalah*.  Beliau orangnya alhamdulillah baik, ga pernah nagih saat saya telat bayar kontrakan #eh.

Beliau sekarang juga lagi seru-serunya memelihara ayam bekisar, kemarin cuma punya ayam satu, dan pernah ngomong kalo mau nambahin lagi satu, buat nemenin ayam jomblo itu katanya.

Simbah ini, punya satu masalah pelik dengan saya.  Beliau suka semena-mena ngobrol pake bahasa Jawa, dan pake boso Jowo alus lagi.

Konyolnya saya seringnya ngangguk-ngangguk sambil senyam senyum ga jelas, kadang suka otomatis nyaut padahal ga ngerti  artinya blas 😐  Seperti beberapa minggu yang lalu kami ngobrol begini.

Mbah : Mas, itu XHGAWh&^@%(!^(& indespay indespoy.
Saya  : Oh iya, mbah ntar kalo saya pas jalan dan nemu saya belikan *sambil senyum2 dan yakin menduga-duga beliau pasti minta cariin ayam*
Mbah : *bengong sejenak, trus ngomong lagi* Bukann, ngono lhoh, NXH*^%@{“{?<BJJ**&H&^h@!t…
Saya : *gantian bengong, trus nekat nyambung lagi* Iya, ayam bekisar kan mbah?
Mbah : *akhirnya ngomong pake boso Indonesia* Itu lhooo, disamping rumahmu ada yang naro kandang burung, takutnya atapmu bocor.

Ya ampun, jauh sekali ya hubungannya ternyata 😐

Nah, barusan kemarin malam beliau ngomong lagi, kali ini beneran tentang ayam bekisar yang akhirnya berhasil saya temukan dijual di pojokan Pasty Jogja, ayam langka ternyata susah nyarinya euy.

Mbah : Mas, ayam yang kemarin itu XHGAWh&^@%(!^(& indespay indespoy.
Saya  : Oh susah makannya ya mbah, mungkin stress *sambil senyum2 dan yakin menduga-duga beliau pasti minta pakan ayam*
Mbah : *bengong sejenak, trus ngomong lagi* Jadi itu ayamnya &*&ty_+N?/XH*^%@{“{?<BJJ**&H&^h@!t…
Saya : Iya mbah, ntar saya carikan kalau ketemu.
Mbah : jadi kapan tindak-tindak, ntar saya sangoni*sambil merogoh dompet dan mengeluarkan duit*.
Saya : gak usah mbah, ntar saya belikan kalo ketemu.

Nah, tak berapa lama habis obrolan itu, ketemu saya sama mas tetangga yang jualan pakan ayam, dan beliau juga ikutan ngobrol ama beliau.  Akhirnya saya pun nanya karena penasaran akan benarkah dugaan saya.

Saya  : Mas, simbah tadi ngomong minta belikan makanan ayam karena ayamnya susah makan ya?
Mas tetangga penjual pakan ayam : Bukan, simbah minta belikan ayam satu lagi buat pasangan ayam yang barusan sampeyan belikan kmarin.
Saya : *bengong.

Duh, mbah kenapa bikin saya tak mengerti. Dan sya kenapa pula suka sok ngerti padahal ngawur blas 😆

9 thoughts on “Ngobrol dengan si mbah

Leave a Reply

