Koeis Djoem’at : Sinonim

Dua buku yang disediakan untuk hadiah koeis djoem’at kemarin adalah travelicious seri tempat wisata yang terkenal dengan pantainya.  Jadi panitia putuskan untuk memilih komentar yang sesuai dengan hadiah yang disediakan.  Mereka adalah emfajar untuk buku travelicious Makassar dan latree  untuk buku travelicious Lombok.  Demikian ditunggu alamatnya di email saya : rd.syarani@gmail.com

Koeis djoem’at kali ini singkat saja, saya sangat terganggu dengan beberapa kosakata baru (baru saya tau), yang sering terbaca di teks saat nonton tipi.  Kurang kerjaan sekali saya kira, karena ada beberapa kata yang sudah baku dan terlanjur mudah dimengerti, sekarang entah dengan alasan apa, terjemahannya jadi diganti begitu saja.  Misalnya saja kata pedestrian sebagai pengganti trotoar.

Beberapa kata yang baru-baru saja saya tau itu adalah:

  1. Sespan
  2. Salindra
  3. Mengilas

Tau nggak sinonim yang tepat untuk tiga kata ‘aneh’ itu ?  Berupa penjelasan panjang lebar juga boleh, sesingkatnya juga nggak apa-apa, atau malah kalau rajin pake digambar juga bisa, bebas lah.

Ditunggu jawabannya di kolom komentar ya.  Hadiahnya adalah satu buku 101 Creative Notes-nya Yoris Sebastian yang sukses membuat saya jadi pengen membeli G-Note *lah*

Demikianlah.
Selamat djoem’atan
Assalamualaikum.

Advertisements

4 thoughts on “Koeis Djoem’at : Sinonim

  1. zaim

    Ikut jawab koeis lagi ah………
    1 . Sespan = sepeda motor dng gandengan samping (beroda satu) untuk penumpang

    2. Salindra = foto warna yg direkam di atas bahan plastik transparan
    3. Mengilas= memasang kilas; mengencangkan ikatan (tali) dng pengukil atau menggulung kain di pinggang (ketika memakainya atau memasangnya)
    demikianlah………..

    Like

    Reply
  2. liaaa

    ikut ya..
    kata kbbi sih:
    – sespan: sepeda motor (beroda dua) dengan gandengan samping (beroda satu) untuk penumpang
    – salindra: foto warna yang direkam di atas bahan plastik transparan
    – mengilas: 1. memasang kilas;
    mengencangkan ikatan (tali)
    dengan pengukil
    2. menggulung kain di pinggang
    (ketika memakainya atau
    memasangnya)
    yang terakhir saya ga ngerti, stelah saya telusuri lg ternyata kilas itu gulungan kain sarung pada pinggang..
    nah skrg saya baru ngerti 😀

    Like

    Reply
  3. Shaa

    Coba ikutan jawab ya, om… syukur-syukur bisa membantu dan saya dapet hadiah 😛

    1. Sespan itu kendaraan bermotor (roda dua) yang dimodifikasi jadi roda tiga di samping kirinya.
    2. Salindra semacam foto/gambar yg dicetak di bahan transparan, misalnya plastik mika. Biasanya trus dipasang di proyektor untuk dipertunjukkan dalam layarnya.
    3. Mengilas tergantung konteks kalimat kali ya… maksudnya bisa: menginjak-injak sampai hancur; mengencangkan ikatan tali (jerat/gelang-gelang dari rotan) menggunakan pengukil; atau bisa juga menggulung kain di pinggang, kayak om warm kalo pake sarung tuh 😀

    Demikian jawaban saya, semoga makin menambah bingung ya… #ehh :))

    Like

    Reply
  4. arthaamalia

    hola hola holaaa…

    masa sih gak tahu? ini nih, aku kasih tahu ya, soalnya tempe udah abis :p

    Sespan itu dudukan untuk satu orang yang nempel di samping motor, tepatnya di samping roda belakang. Kebanyakan melekat pada vespa atau moge modifikasi. Pernah lihat di Kota Jogja, buat jualan bakpia. Yang duduk di sespan ibu2 gitu, suaminya yang nyetir motornya. Usut punya usut, ada bagian tubuh sepasang suami-istri tersebut yang tak sempurna. Karenanya harus selalu bersama suka dan duka. Nah biar istrinya bisa turut naik motor dan dibonceng dengan aman, dibikinkanlah sespan agar kakinya tak terlalu sulit meraih boncengan.

    Salindra itu plastik mika yang dicoret-coret lalu disorot dengan proyektor agak menjelma jadi raksasa, eh makin besar dan jelas di papan. Disajikan dalam presentasi era jadul, waktu kuliah aku pakai ini. Harus kreatif mengisi plastik mika dengan menghiasinya pakai spidol warna-warni agar penonton dan pembaca tidak bosan.

    Mengilas itu menekan sesuatu dengan suatu alat hingga didapatkan hasil : penyet. Aduh gimana jelasinnya ya. Gini, seperti adonan kue setinggi 2 cm digilas dengan penggilas yang tradisionalnya botol beling, lalu didapatkan hasil adonan setinggi 1 mili. Nah bikin kulit pangsit tuh contohnya.
    gitu deh, susah ya jadi dosen… harus bisa menjelaskan dengaqn tepat, pemilihan kata harus OK. Masalahnay aku bukan dosen, jadi susah kasih tahunya

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s