Barusan melihat-lihat youtube sepuas-puasnya, dikarenakan jam sepagi ini kecepatan internet mencapai 1 Mb lebih, sungguh alhamdulillah.  Melihat-lihat itu video klip dari Metallica, sampai Paramore, sampai bermacam audisi nyanyi, sampai penasaran akan beberapa lirik lagunya yang tampaknya menarik.

Sekarang gampang, tinggak ketik di kotak gugel, cari judulnya atau bahkan hanya dengan menggunakan kata kunci sepenggal liriknya, dapet sudah tuh, trus disave atau dikopas begitu saja.  Mau nyanyi juga skarang gampang kalo gak hapal lirik, tinggal karaokean sahaja.

Coba jaman klasik macam saya dulu, sungguh memprihatinkan prosesnya.  Hal itu terkait benda bernama internet yang belum hadir di dunia ini, boro-boro internet, yang namanya telepon saja saya tak pernah menyentuhnya 😐 . Dan petualangan mencari lirik lagu, yang ajaibnya sering saya belum pernah mendengarkannya.  Terlebih dulu ada seorang gadis yang suka rekues lirik lagu yang uaneh-aneh.  Lagu barat melulu bro! Sementara saya kan seleranya bang Rhoma abis, ya paling sedikit diversifikasi kadang tau lagunya Ikang Fawzi atau Hary Moekti *buset jaman kapan itu*

Akhirnya, demi permintaan tersebut, dilakukannlah proses menanyakan kepada teman yang mungkin hapal tu lagu, setelah gagal, lalu mulai menanyakan teman yang mungkin punya kasetnya *iya kaset !* Biasanya kan di cover kaset ada liriknya yang bisa disalin ulang.  Kalo gagal pula, mencobalah mendengarkan radio yang sungguh adanya cuma gelombang MW dan SW, dulu FM belum ada mas 😐  Yang di dengar seringnya (lagi2) lagu dangdut, atau lagu-lagu ajaib dari radio luar negeri di jaringan SW.

Dan kalau beruntung bisa mendengarkannya, maka khusuklah didepan radio, tak lupa perlengkapan tempur berupa kertas dan pulpen untuk mencatat lirik lagu, masalah utama sering adalah lirik lagunya yang berbahasa Inggris, yang didengarkan sekenanya dan jarang-jarang pula tayang di radio, ditambah lagi kemampuan mendengarkan boso londo seadanya, jadilah ngaco.

Saya masih inget saat SMP dulu, teman saya suka sekali lirik lagu Europe, dia selalu mendendangkannya gini : “wele wele sopaaaaa..”
Belakangan saya baru tau kalau itu bagian dari lagu Final Countdown yang sebenarnya lirik lagunya adalah we livin’ together…  jauh kali !

Jadi ya begitulah, jaman sekarang memang daya juang untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan semacam rada kurang heroik #halagh

Advertisements

3 thoughts on “Lirik(an) Lagu

  1. fay

    =)))

    jaman saya smp juga masi sukak mantengin radio dan madhep kusuk depan emtipi demi secarik lirik lagu.. 😐 #halagh 😐

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s