Untuk apa blog & buat apa ngeblog?

Mungkin saya termasuk orang yang punya blognya tak masuk kategori manapun. Tak ada tema pasti dan jelas yang saya posting. Tiada niatan nyari uang dari blog juga walau pernah terpikirkan, tapi diurungkan karena sadar kalau pemirsanya juga siapa dan berapa, berapa sih?

Blognya si nganu yang katanya perlu bertahun-tahun ‘menulis’ hingga mendapatkan pembaca setia yang rutin membaca postingannya, artinya ada motivasi menulis karena ingin karyanya dibaca orang lain.

Atau beberapa blog yang saya kenal dari dulu, lalu sekarang kadang sering berisikan iklan terselubung, itu juga mempunyai motivasi karena di endorse oleh pengelola iklan yang mempercayai blognya sebagai media promosi.

Rata-rata blog yang saya kenal mempunyai tema, topik tersendiri yang diulas berdasarkan hobi, minat, keahlian dan jurusan. Tampaknye pengecualian dengan blog ini.

Rasanya dulu juga pernah menulis tentang hal ini. Bahwa saya ternyata masih tak jua berubah, masih posting dengan tata bahasa yang tak terstruktur, tema yang jelas, waktu posting juga semau-maunya, pangsa pasarnya juga tak jelas.

Lalu blog ini diisi buat apa kalo toh pemirsa yang ngebaca juga tak jelas ada atau tidak, walaupun menurut catatan statistik aja saja yang berkunjung ke blog ini tiap harinya, entah karena kurang alternatif bacaan atau karena disesatkan oleh keyword semacam : jumlah fermipan untuk satu kilogram tepung 😐

Untunglah saat ini saya belum dibebani keinginan untuk mendapatkan semacam fans pembaca yang banyak, walaupun ya tak menolak *halagh* . Nggak lah, serius, bisa posting disini juga alhamdulillah, ada yang iseng ngebaca juga syukur. Juga belum ada untuk dibebani iklan pariwara, malu rasanya kalau pun ada. Tak sesuai dengan konten, ditambah page rank yang segitu-gitu aja, tak mengerti SEO pula.

Atau mungkin alasan yang lebih ekstrim untuk memamerkan atau pembuktian akan sesuatu? Ya kadang muncul perasaan nakal untuk itu, terutama saat berbagi tempat yang baru saja saya kunjungi, yang seringnya dengan sepeda akhir-akhir ini. Selain itu? Nothing’ Walaupun ada juga kadang ingin pamer rasa rindu pada honey atau anak-anak yang lagi tak dekat jaraknya dengan saya, etapi itu kan bukan pamer, itu curcol bro ! 😐

Kesimpulannya, sampai saat ini sih menjawab pertanyaan di atas, blog ini saya anggap sebagai penyaluran apa yang saya rasakan tentang apa saja, dan saya ngeblog itu untuk nyalurin apa yang saya rasakan. Mbulet kan ? Begitulah

.

 *eh ini kenapa gak bisa masukin link di postingan ya?

10 thoughts on “Untuk apa blog & buat apa ngeblog?

  1. Kimi

    Aku pun dulu demikian, Om. Menulis ikhlas, yang penting bisa mengeluarkan uneg2 dan ada tempat untuk bercerita. Tapi, namanya juga manusia. Panta rhei. Kalau dulu ikhlas, sekarang senang rasanya kalau banyak yang berkunjung ke blog. Kalau dulu gak butuh pengakuan sekarang butuh pengakuan untuk eksistensi. Lama-kelamaan punya pembaca tetap dan banyak yang berkunjung ke blog itu bikin senang. Bahagia. Ini beneran deh. Karena ini berarti–bagiku tentu saja–blogku diakui keberadaannya oleh orang lain. Tidak sia-sia aku menulis bertahun-tahun selama ini dan mendapatkan pengakuan dari orang lain. Tentu saja aku berharap blogku itu selain sebagai terapi untuk diriku sendiri, bisa bermanfaat untuk orang lain. Setiap kali aku tahu blogku itu ada manfaatnya untuk orang lain, rasanya… priceless. 🙂

    Like

    Reply
  2. Ditter

    Pengecualian untuk blog ku juga, Mas. Temanya nggak jelas juga, hehe….

    Aku senang ngeblog, karena bisa numpahin isi pikiran, dan ini bikin lega. Selain itu bisa jadi punya banyak teman juga 😀

    Like

    Reply
  3. wxrm Post author

    @Kimi.
    kalo ada manfaatnya ya syukur atuh, dikunjungi aja jg sdh alhamdulillah, tp bagi saya so far malu malahan kalo ada yg ngakuin :mrgreen:
    @Ditter.
    njenengan suka merendah sahaja mas 😀

    Like

    Reply
  4. anne hardianty

    mbulet om..blogku ga jelas..banyakan curcol sama pamernya..bhuahahahaha…gak apa-apa om..kan namnya juga numpahin isi hati, titip uang bisa berkurang, titip omongan bisa bertambah..jadi nitip sama blog aja 😛

    Like

    Reply

Leave a Reply

