Pengalaman Ngurus Kartu A.5

Awalnya saya rencananya cuek sahaja dengan pemilihan presiden (pilpres), toh karena tidak berada di wilayah yang sesuai dengan tempat dimana nama saya masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Akan tetapi di detik-detik terakhir, (mirip dengan terjadinya gol-gol di pertandingan Piala Dunia 2014 yang sukses menumbangkan tim-tim jagoan saya) saya memutuskan untuk memilih calon presiden saya.  Soal terpilih atau tidaknya beliau itu urusan belakangan, yang jelas musti milih.

Tepat hari Senin kemarin, hitungan H-10 hari terakhir untuk mengurus kartu A.5 yang saya asli belum tahu bagaimana bentuknya, pokoknya itu digunakan untuk memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS), singkatnya: pindah TPS.

Berbekal sebundel pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan kepada pakar dibidang pilih memilih ini, ditambah informasi lokasi kantor yang saya tuju, akhirnya saya pun berangkat ke KPU Sleman, sesuai tempat saya ngetem sekarang.  Saya mengurus kartu A.5 ini

Ternyata, sampai disitu, padahal hari sudah lewat tengah hari, ramai tiada terkira, sampai parkiran penuh, dan tukang parkir dadakan pun menuai rejeki lebih, wong saya bayar parkir dua ribu nggak dikasih kembalian #halagh.  Kebanyakan dari wujudnya kebanyakan yang mengurus kartu pindah tempat memilih ini adalah mahasiswa.  Karena beberapa universitas di Jogja adanya di Kabupaten Sleman.

Mengharukan melihat animo masyarakat yang semangat mau memberikan suaranya saat pilpres nanti, fenomena ini harusnya disadari oleh siapapun, pasangan manapun yang bakal memimpin negara ini nantinya.  Bahwa banyak yang menggantungkan harapan dan mimpi-mimpinya pada mereka.  Mudah-mudahan para jelata macam saya ini tidak di php-in oleh beliau-beliau yang pada saat ini diketik masih berstatus calon.

Berikut kutipan dari beberapa pihak terkait.

Tahun ini tak seperti lima tahun yang, lalu.  Banyak yang semangat ikutan milih .
– Tukang Fotokopi

Yang minta kartu A.5 buat milih ribuan..
– Petugas KPU

..terus, terus, ujung…
– Tukang Parkir

Prosesnya singkat dan gampang sekali, diminta ngisi formulir, terus melampirkan fotokopi KTP, kemudian diminta mengambil kartunya dua hari kemudian, artinya hari ini.  Mudah-mudahan hari ini urusan kelar, tinggal ngurus ke PPS sesuai prosedur.

(bersambung..)

One thought on “Pengalaman Ngurus Kartu A.5

Leave a Reply

