tentang pengaruh Musik

Barusan mas Radith bertamu, ngobrol kesana kemari, tentang rencana sepedaan jauh, sedikit tentang copras capres yang masih berlanjut, tentang pengalaman main bola, ya ya saya juga pernah main bola dulu, sekali, kala tim kelas sekolah kekurangan pemain :|, lalu tentang selera musik.

Anak muda yang satu itu,  yang baru lahir saat saya sudah kuliah mungkin ? lupa.  Tapi seleranya klasik, konon penggemar the Beatles, rock ballads.  Playlistnya tak mencerminkan jamannya.

Katanya, mungkin itu pengaruh bapaknya, yang rupanya penggemar musik keren era tujuhpuluhan sampai 90-an, masa-masa musik-musik bagus lahir.

Tampaknya apa yang kita dengar sejak kecil, akan berpengaruh pada kesukaan kita.  Seperti halnya saya, sejak kecil, bang Rhoma selalu terngiang di telinga.  Apalagi saya ingat, dulu tiap terbit album baru beliau, abah selalu tak pernah alpa membelinya.

Selain itu, seingat saya abah tak pernah menawari untuk mengajari saya dan ading-ading alat musik, kebetulan beliau bisa main gitar, dan biola, kidal pula.  Kurang keren apalagi padahal.

Jadilah saya suka melihat beliau pagi hari memainkan biola tua, yang bunyinya bisa bagus, tapi kalau saya yang menggesek jadinya ngikngok nggak karuan.  Tapi juga tak meminta untuk diajarin.  Juga pas abah memainkan gitar, yang senar-senarnya posisinya suka terbalik, juga saya cuma jadi pemirsa, tak juga minta diajarin.

Sekarang, entahlah apa yang ada di benak anak-anak saya, kala abahnya suka semena-mena menggubah lagu anak-anak sesuai mood sambil kadang diselingi joged-joged absurd.  Duh, mudah-mudahan tidak mempengaruhi selera musik mereka 😐

4 thoughts on “tentang pengaruh Musik

Leave a Reply

