#BukuGratis : cara menjadi pencuri yang baik

..awalnya penasaran, gara-gara postingan elia tentang bukunya Austin Kleon itu, yang konon katanya Lea buku aslinya mahal.  Untungnya ada mba Rini Nurul Badariah, untungnya ada noura books dan mizan, jadinya ada versi terjemahannya, dan lebih untung ada togamas di Jogja, jadinya ada diskon 15%, sungguh hore sekali :mrgreen:

(intro macam apa pula ini, kebanyakan ngasih link!)

Buku itu, adalah sebenarnya tentang bagaimana mas Austin berpikir dengan kreatif.  Proses mencuri ide dari sana sini untuk menjadikannya terlihat baru.  Isinya apik, layoutnya menarik, gambar-gambarnya asik, walau versi aslinya yang mahal itu katanya lebih bagus, entah dimananya.  Yang penting kan, menurut saya sih isinya, intinya dan …  harganya hihi.

Menurut beliau, tak ada yang ori di dunia ini, semuanya kw.  Ya ya ini penerjemahan bebas saya sih :D.  Kemudian panca indera digunakan sebisanya, iya digunakan, bukan cuma dimiliki lalu dianggurin.  Haduh ini kok ya saya nyindir diri saya sendiri, hih!

Begitulah, buku ini, seperti buku-buku lainnya yang bercerita tentang bagaimana membuat sesuatu yang menyenangkan itu.  Hanyalah semacam pemicu, sebab cara tiap orang untuk membuat sesuatu, sangat-sangatlah berbeda.  Kadang tak perlu mencuri untuk itu.  Tapi diam sejenak dan mendengarkan cerita orang lain tentang bagaimana mereka berbuat, itu seringkali adalah hal yang sangat menarik untuk dilakukan.

.

dan

..ketika nyaris mendekati halaman terakhir, -(buku ini tebalnya 150 halaman memang, tapi layoutnya menarik, tak cuma tulisan berspasi rapat dengan narasi yang tak kalah membuat penasaran, seperti novel terakhirnya Dee berjudul Gelombang yang sejenak saya abaikan.  Tapi bagus untuk tak cuma dibaca sekali juga) -ada saran dari penulisnya, untuk membagikan satu eksemplar buku pada salah seorang teman.  Tampaknya saya akan mematuhinya.

Makanya buku yang baru kelar saya baca ini, saya kasihkan saja sudah.  Tapi lagi malas membuat soal kuis, jadinya nanti mungkin saya acak saja penerimanya, boleh ya?.

Tapi tidak jadi dirandom, biar jadikan kuis saja (labil).  Tebak saja kira-kira di halaman berapa saran menarik dari Austin Kleon untuk membagikan buku ini adanya?

4 thoughts on “#BukuGratis : cara menjadi pencuri yang baik

  1. Elia Bintang

    Saya gak ikutan kuisnya, Om, soalnya kan udah baca, malah ngasih rekomendasi. Tapi paling menarik itu bagian yang, apa ya nyebutnya, mungkin ‘pohon kreatif’. Orang-orang yang jadi inspirasi kita ada di ranting sebelah sana-sini dan kita ada di salah satu rantingnya itulah…. Nah, itu gak tau halaman berapa hehe

    Like

    Reply

Leave a Reply

