tentang anjing: takut yang lenyap begitu saja

#AnjingAnjing.  Salah satu binatang yang menurut beberapa orang adalah lucu, bagi saya justru menakutkan, bikin takut, apalagi paling tidak sudah tiga kali saya berurusan dengannya.

Misalnya beberapa waktu lalu, melihat binatang berbulu itu nongkrong di tengah jalan saat nanjak ke arah Turgo, seputar Merapi itu kalau tak salah.  Membuat saya urung menuntaskan perjalanan dan memilih memutar balik lalu turun dan pulang.

Tampaknya binatang pun tahu kalau ada orang yang takut dengannya, lalu iseng guk-guk-guk semena-mena.  Dua kali saja dikejar dua ekor anjing, terakhir dikejar tiga ekor sekaligus waktu nyasar di Solo.  Kurang apa lagi coba cobaan hidup saya.  Beraninya keroyokan pula, cih!

Sampai akhirnya seminggu yang lalu.  Saat berada di sudut kampung di Kapuas Hulu yang banyak penduduknya memiliki anjing, dan tampaknya satu keluarga punya lebih dari satu ekor.  Gunanya yang jelas mengawal mereka terutama saat ke ladang.

Saat pagi, aduh itu mereka, dengan cueknya gegoleran di tengah jalan.  Berkeliaran di jalan.  Sampai ada jejak-jejak beol mereka juga di jalan.

Jangan tanya, bagaimana perasaan saya saat harus melewati jalan dimana itu makhluk memenuhi jalanan satu-satunya yang harus dilewati, kalau tidak terpaksa saya milih balik aja kali hehe.  Selain takut nabrak (mereka tak peduli mau motor lewat pun ya tetep aja jalan dengan cueknya), juga takut ngejar 😀

Tapi, mungkin karena ternyata banyak yang cuek, lama-lama saya juga cuek.  Lewat dekat-dekat juga biarlah, mengendus-endus deket kaki juga tak apalah.  Toh tak mengganggu.  Semoga begitu, asalkan tak lagi ketemu yang iseng suka ngejar-ngejar.

-0-

Rasa takut, cara paling simpel untuk menghilangkannya memang adalah dengan: menghadapinya.  Tak lebih.

 

One thought on “tentang anjing: takut yang lenyap begitu saja

Leave a Reply

