apa sih (maunya) bloger?

ya aku lebih suka nulis bloger, daripada blogger yang sepertinya notabene similar dengan blogspot, bloger menurutku adalah empunya blog.  Jadi siapapun yang memiliki blog otomatis seorang bloger.

Blog mengalami kejayaannya mungkin sekitar tahun 2007, dimana saat itu media sosial belumlah seramai sekarang.  Saat itu pun kebanyakan orang-orang ngeblog di wordpress atau blogspot.  Sangat jarang yang punya domain sendiri, selain rada ribet soal maintenance, soal biaya beli domain dan hosting pun rasanya lumayan asoy.  Terlebih tampaknya saat itu yang rajin bikin tulisan di blog statusnya masih mahasiswa-mahasiswi (kere).

Sekarang sih, bloger yang masih eksis, dan ngetop, dan banyak yang dianggap seleb, tampaknya sudah banyak yang mapan.  Dan punya domain sendiri pun bukanlah hal yang mewah lagi.  Ya walaupun yang rajin update masih beberapa, dan beberapa pula yang rajin posting karena memang suka nulis tanpa tendensi apa-apa selain urusan kesenangan.

Dulu, mungkin ngeblog adalah sesuatu yang wah.  Yang ahay! Saking ngetopnya makhluk bernama blog itu, sampai-sampai pernah konon diadakan pelatihan menulis blog, superb sekali.

Sekarang?  Berani-beraninya situs yang sekali posting cuma terbatas 140 huruf, disebut sebagai mikroblog.  Sampai-sampai muncul turunannya semacam fiksimini. Semuanya serba singkat, dan terlihat menyenangkan karena respon yang datang pun singkat dan banyak.  Mencari pengikut pun mudah dan gampang, misalnya tinggal bikin sensasi semacam janji bugil di sebuah supermarket, maka yang penasaran dan jadi pengikut pun bertambah.

Beda dulu itu, pengikut blog bisa dihitung dengan hari, sampai sekarang pun demikian sih :mrgreen:  Perlu waktu untuk menuliskan isi, perlu waktu pula untuk direspon orang lain.

Tapi itu tak masalah.  blog menurutku tetaplah fungsinya sebagai media, untuk menuliskan apa saja, yang dianggap bisa ditulis dan dianggap keren untuk dipublish.  Walaupun jarang yang ngasih komentar, tak mengapa juga.  Justru itu menjadikan siapapun yang berkunjung di postingan layaknya tamu terhormat yang rela jauh-jauh datang berkunjung.  Sangat terhormat sekali rasanya.

Jadi kesimpulanku.
Ngeblog itu adalah karena memang ingin nulis blog,
sesingkat itu memang 😀

Advertisements

3 thoughts on “apa sih (maunya) bloger?

  1. macangadungan

    Hu uh. Aku tipe blogger yang nggak peduli sama jumlah page view, jumlah komen, dll. Aku nulis karena aku ingin nulis (oke, ngaku aja, krn pengen curhat brutal sebenernya).

    Selamat hari blogger ya, Om!

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s