mengejar Thor

Sepagi-pagi tadi, aku teringat kalimat si sulung, Thor hari sabtu kemarin : “bah, uang jajanku sudah habis”.  Melihat jam dinding yang sudah enam lewat sepuluh, biasanya dia minta antar jam setengah tujuh.  Aku bergegas.

Sesampai di asramanya.  Temannya bilang: ” sudah berangkat barusan”.  Baiklah, motor melaju ke arah barat.  Empat kilometer menuju sekolahnya, dan seperempat rute perjalanan tak menemukan Bridgestone merah putih yang biasa dikayuhnya.

Menunggu di perempatan selokan UGM, tak juga terlihat tanda-tanda Thor.  Hebat juga kecepatan mengayuh sepedanya euy *bangga*.   Lampu hijau akhirnya, terus lurus.  Ketemu perempatan monjali, pas lampu merah.   Tapi terlihat Thor di depan, sudah menyeberang, menyusuri selokan Mataram untuk biasanya berbelok ke kiri, menuju jalan kecil yang tembus ke jalan utama menuju sekolahnya.

Karena tak sabar menunggu lampu menghijau.  Memutuskan langsung belok kiri, ke selatan.  Untuk nantinya berbelok ke barat di jalan entah apa namanya.  Yang jelas itu rute yang biasa di laluinya.

Benar saja,  akhirnya menemuinya di jalan.  Aku minta menepi dulu.  Kemudian tanya jawab:

“Bawa uang, nggak?”
“Nggak”
AKu mengeluarkan sisa tigapuluh ribu yang tersisa di saku jeans yang sobek di dengkul, dua-duanya.  Aku berikan yang sepuluh ribu.  Thor menerimanya, tapi menatap ke arah tangan kananku yang masih memegang duapuluh ribu.

“Bah, sekalian yang duapuluh ribu.  Ada bayaran di sekolah”
Aku hanya tersenyum, kemudian mengangsurkan duapuluh ribu yang tersisa. Thor cium tangan.  Aku pun balik arah.  Lega.

Aku pikir.  Mending aku tak memegang uang sama sekali, daripada kepikiran anak-anak ke sekolah tanpa uang saku.  Apalagi sekolahnya pulang pas siang-siangnya, saat panas-panasnya, kalau tidak jam satu tiga puluh, atau dua tigapuluh. Empat kilometer lagi menuju dia pulang nanti.

Biarlah, toh gajian sebentar lagi juga.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s