fakta film fiksi fisika interstellar

Fakta:
Ini film aku tonton hanya berdasarkan clue : ..film sains yang bikin terharu[1].. Aku tak tahu gambaran alur ceritanya, tentang apa, sutradaranya siapa[2], bahkan pemainnya siapa pun aku belum tahu. Positifnya aku jadi bebas menonton tanpa espektasi apa-apa, jadinya semua detail di sepanjang cerita bisa aku nikmati.

Film:
Film ini intinya tentang teori fisika yang digambarkan dengan sangat keren ke dalam bentuk audio visual yang… kenapa tidak tiga dimensi? Atau memang ada versi 3Dnya? Intro filmnya langsung membuat bertanya-tanya, membuat penasaran sampai tak terasa tiga jam lebih berlalu. Walapun awalnya alurnya terasa lambat tapi sama sekali tak membosankan, bahkan konflik antara ayah dan anak pun digambarkan dengan keren. Semua konflik antar manusia diceritakan dengan cerdas.

Intinya, menurutku ini film tentang cinta, teori fisika, luar angkasa, keyakinan & takdir 😀

Fiksi:
Walaupun memasukkan unsur sains di dalamnya, fiksi tetap saja fiksi. Jadi jauhkan dulu otak kiri saat nonton, jangan buru-buru membandingkan dengan kepintaranmu soal fisika dan astronomi. Soalnya siapa tahu kan, semua teori itu juga fiksi? #dilemparGlobe

Fisika:
Teori fisika yang sebenarnya rumit berusaha disederhanakan di film ini, teori relativitas, gravitasi, wormhole, dan ajaibnya aku yang tak pintar soal fisika mendadak merasa lebih pintar beberapa derajat tentang relativitas waktu, dan berusaha menjelaskannya dengan berbisik kepada wanita cantik disampingku[3] yang terkadang terisak saat scene mengharukan yang sering muncul itu.

Fun: (bonus chapter)
Ini bener-bener film yang menyenangkan untuk ditonton, jadi seakan membayangkan: .. coba kalo pelajaran fisika diajarkan seperti ini, mungkin dulu nilai mata kuliah fisikaku tak mendapatkan nilai D dan harus ngulang di tahun berikutnya (oke ini curcol dikit).

Paling tidak ini memacu rasa penasaran akan semua teori yang berusaha difilmkan dengan menyenangkan, juga bagaimana ilmu harus bersinergi dengan perasaan, intuisi dan kasih saying yang mengharu biru.

Mungkin harus dipertimbangkan untuk mengikutsertakan anak kecil saat nonton film ini, indikasi ini dilihat dari anak kecil yang duduk sejajar di sebelah kananku yang beberapa kali gelisah tengok kanan kiri depan belakang sepanjang tayangan film.

Ada puisinya pula, yang aku tangkap adalah … do not gentle to say good night[4]..

_______________________

[1] Status facebook fadil si manusiasuper.

[2] Aku bahkan baru tahu sutradaranya siapa saat membaca credit tittle ditayangkan, parah kan? 😀

[3] Pacaran aja ih.. komentar mertuaku saat tau aku nonton berduaan aja ama honey..

[4] …ternyata aku nangkapnya salah, yang bener ada disitu 😐

7 thoughts on “fakta film fiksi fisika interstellar

Leave a Reply

