moral internet?

Sempat tidak terlintas tentang sesuatu bernama moral saat jemari tergelitik membuka browser kemudian mengetik sebuah alamat web? Atau saat ikutan nimbrung pada topik yang lagi panas di sosial media?

Aku pikir sedikit sekali yang kepikiran soal itu.   Internet sekarang adalah media tempat orang mencurahkan segala-galanya, sebebas-bebasnya.  Memaki apapun, mencaci siapapun, sepertinya adalah halal, yang jelas untuk hal yang tidak disukai.  Bahkan manusia sekelas presiden pun sekarang gampang banget dikata-katain.

Mungkin karena anonimitas juga bukanlah hal yang aneh, berani menjelek-jelekkan orang lain dengan cara pengecut, bukan atas nama sendiri tetapi menggunakan alias yang terkadang mencaplok nama binatang, nama stasiun televisi luar negeri modif, atau partai abal-abal.

Tapi, di sisi lain, untungnya masih ada hal yang baik.  Masih banyak yang berani bersuara, sejelek apapun, atas namanya sendiri, menyuarakan apa yang dirasa benar, berdasarkan fakta dan data, bukan cuma berdasarkan : katanya..

Aku sih berpikirnya sederhana saja, itu mungkin akibat malas mencari informasi yang akurat, kurang membaca dan situs google-nya rusak 😐 …rasanya semua orang merasa punya hak menyuarakan apa yang dia rasakan tanpa peduli cek & ricek, hingga ujung-ujungnya susah membedakan antara mengkritik & mencela.

Jadinya yang di dengar, disimak & disebarkan pun akhirnya ya apa yang dirasanya benar, dirasa pas, dirasa sesuai untuk dilakukan, walaupun padahal nyatanya itu tidak benar.

Aku jadi mikir sendiri, internet ini ada di dunia untuk menciptakan kebebasan apa kebablasan?

Solusinya supaya netral, aku pikir ya lebih banyak membaca lagi, lebih mendayagunakan google untuk sesuatu yang belum dimengerti, lebih memaksimalkan fungsi panca indera dengan lebih bijak, sehingga apa yang diketik, diucapin, dibagi di internet, terlebih di media sosial, lebih mencerminkan apa adanya kita tanpa perlu rese dengan orang lain, tanpa perlu menjadi orang lain, mengutip kalimat bijak mas nuran di blognya yang dengan lantang berucap:

..Baca tulisan saya saja. You are what you write toh?

ngerti nggak?
nggak?
ah sudah susah-susah aku ngejelasinnya …

intinya, menurutku kalo di internet bagusnya sih jangan kayak hantu yang pengecut, yang cuma bisa bertingkah tanpa wujud, apalagi berusaha ngeselin & bikin orang lain takut

lha kok endingnya malah horor? 😐

Advertisements

One thought on “moral internet?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s