misuh-misuh #JLFR

Ada seorang temannya teman yang tampaknya misuh-misuh dengan keberadaan rombongan pesepeda yang menguasai jalanan Jogja di jum’at malam terakhir di 2014. Mungkin naik mobil yang nyaman saat mau liburan panjang di akhir tahun, mungkin naik motor, entahlah.

Entah sudah berapa kali yang misuh-misuh itu pernah berkendara di jalan saat Jogja last friday ride digelar, entah berapa kali mungkin dia berteori bahwa pengendara sepeda yang menguasai jalan cuma beberapa jam dalam satu bulannya itu bikin begitu menyebalkannya.

Entah dia tahu apa tidak dalam kesehariannya itu kendaraan apa sebenarnya yang bikin penuh jalan, siapa yang parkir di pinggir jalan menutup jalur sepeda.

Entah apa pernah dia mengamati beberapa pengendara kendaraan bermotor yang kadang juga menutupi seruas jalan yang dikhususkan untuk parkir pesepeda di lampu merah di barisan paling depan supaya tak kena knalpot kendaraan.

Entah apa dia juga mikir perbandingan dimensi kendaraan bermotor dan sepeda yang dianggapnya kurang beradab saat itu.

Entah mangkel karena tak bisa membunyikan klakson semaunya untuk membuka jalan kemudian menggeber gas menyemburkan karbonmonoksida selapangnya ke udara.

Mungkin tak mengerti bahwa itu semacam demonstrasi di jalanan Jogja, untuk sesekali membuka mata kalau semua orang punya hak yang sama di jalan. Kalaupun ada yang mungkin dianggap sedikit kurangajar mungkin itu adalah sebagai cermin ego semua pengendara saat di jalan.

Mungkin sesekali harus turun dan ikut mengayuh pedal di jalan, bukan cuma beberapa jam di jum’at malam terakhir tiap bulan, biar tahu siapa yang sebenarnya yang harus (tidak) misuh-misuh di jalan.

Tapi, ya mungkin pengemudi kendaraan bermotor semuanya adalah tuan terhormat yang harus dihormati di jalan yang tak pernah salah dan taat aturan lalu lintas.

Mungkin, entahlah..

Advertisements

One thought on “misuh-misuh #JLFR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s