footnotes

Ini gara-garanya beberapa kali membuat postingan dengan catatan kaki (footnotes), biasanya sih manual, alias bikin di word, kemudian di kopi paste kesini.

Kemudian barusan kepikiran, pasti ada plugins untuk bikin catatan kaki di wordpress, dan ternyata beneran ada.  Namanya wp-footnotes. ((untuk alternatif lain bisa di coba easy footnotes, tapi saya sepertinya lebih sreg dengan wp-footnotes, tapi pada prinsipnya sama aja))

Ok saya install pluginsnya ((ini berlaku untuk wordpress self hosted, kalau yang masih pake domain wordpress, bisa mencobanya secara manual seperti yang diposting di blog itu)) dan mencobanya tentu saja.  Dan inilah bagian dodolnya.  Padahal di manual petunjuknya itu, sudah jelas terpampang caranya, lha saya kok masih bingung.

Ternyata segampang itu (doh). ((Iya bilang gampangnya setelah berkali-kali bolak balik menerjemahkannya ke alam pikiran saya hehe))

Jadi ya bagian kalimat yang ingin dibikin footnotes, tinggal dimasukkan ke dalam dua tanda kurung. Otomatis kalimat yang ada di dalamnya jadi catatan kaki yang letaknya tentulah dimana adanya kaki, yaitu dibawah. Saya tadi bingungnya gimana caranya nomornya bisa muncul, ternyata otomatis.

Wah mengartikan hal ginian aja ternyata begitu ribetnya,  tapi ini menyenangkan, mungkin sekaligus pembelajaran untuk menerjemahkan skema kerangka konseptual yang sedang saya utak atik ((los pokus)).

Gampangnya bandingkan aja hasil tulisan ini dengan screenshoot draft tulisan yang saya buat berikut di bawah ini.

scrinsut

Pelajaran moral hari ini : Membuat orang lain paham akan apa yang ada di pikiran kita, memang sering tak sesederhana keliatannya.

______

Advertisements

6 thoughts on “footnotes

  1. wxrm Post author

    @devi
    sudah takdirku e mbak 😆
    ya soal theme sih karena ada aja yg kurang, kyk theme ini nih, tulisan no frillsnya nggak ada, kemudian italic stylenya nggak muncul, mau ngutak atik lg rasanya males 😀

    @alfa
    ayo dicoba hehe

    Like

    Reply
  2. Pingback: Food Challenge, Day 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s