backpacker

kemarin, seorang kawan bercerita tentang pengalamannya bertemu dengan backpacker yang sering menjadi acuan anak muda jaman dulu, pengalamannya dijadikan tulisan dan menjadi cerita bersambung di majalah Hai.  Siapa yang tak tahu Gola Gong di masa itu, di tengah-tengah cerita perjalanannya juga selalu terselip sekilas kisah cinta yang pahit, rindu kepada orang-orang yang ditinggalkannya di rumah.

seorang kawan saya malah benar-benar mewujudkan impiannya untuk backpackeran, gara-gara terinspirasi tokoh Roy dalam karangan kang Heri H. Haris itu.  Menyusuri pulau jawa ke timur sampai menyeberang ke bali kemudian lombok, bahkan tulisannya dijadikan sebuah ebook.

saya pikir petualangan ditambah kemampuan menulis yang intens adalah kombinasi yang baik, dan aku pikir masa muda haruslah diisi dengan perjalanan jauh dan petualangan, minimal sekali.  Walaupun kata penulis favorit saya kalau hal itu adalah sesuatu yang berbahaya, karena bisa menjadi candu kalau tak ingat kata ‘pulang’ sebagai penawarnya.

saya sendiri, sekarang akhirnya menyukai konsep bikepacker, walaupun belum separah beberapa kawan yang lama perjalanan dan jaraknya edan-edanan.  perjalanan jauh itu menurutku menarik karena selalu ada hal baru yang didapatkan di perjalanan.

dan kali ini aku ingin memberikan satu buku haji backpacker edisi terbaru. tapi saya tidak memberi soal untuk dijawab kali ini, yang berminat dengan buku itu silakan mencari pertanyaan di tulisan saya di atas, nanti saya yang berusaha menjawabnya.

mungkin yang menurutku pertanyaannya agak beda akan aku kasih bukunya.  Sementara ada juga satu buku Ms. Complaint’s therapy yang tak bosan-bosannya saya bagikan karena isinya menarik.  Yang ini akan dirandom saja dari semua yang iseng ikutan njawab.

demikian saja, mari sekarang mulai memikirkan sarapan.

6 thoughts on “backpacker

  1. christin

    1. om warm kalau pas bikepacking ada barang sentimentil yang “wajib” dibawa gak? misal poto tante honey atau apa gitu? hihihi.

    2. asumsikan semua resource ada dan waktu tak terbatas.. om warm pengen bikepacking kemana?

    Like

  2. gerhanacoklat

    1. bikepacking itu maksudnya perjalanan naek motor ya bang?

    aku sih pada jamannya menyukai perjalanan backpacker ini tapi karena sekarang sudah masanya ingin duduk manis rasanya ga kepingin backpackeran maunya ya duduk manis aja di plane trus sampe tujuan nginep di hotel/resort tapi tetep jalan2 ke sekitaran lokasi.

    2. karena ini menyangkut backpacker, sebenarnya sejauh mana persepsi bang warm tentang backpacker? apakah sekedar perjalanan bawa ransel (soalnya kadang2 aku naek pesawat nginep di resort cuma bawa ransel :p) atau bener-bener naik turun bis dan nginep di rumah penduduk atau penginapan murah? mari menyamakan persepsi

    Like

  3. historina

    Ikutan nanya ah, mana tau beruntung..

    Kalau kita bisa menyusuri perjalanan yang benar-benar berrute sama dengan backpacker panutan kita, saran apa yang bisa om warm berikan sehingga pengalaman perjalanan kita tetap berbeda? Bagaimana agar bisa mendapatkan nilai-nilai yang bahkan lebih baik dan lebih mengesankan dibanding backpacker panutan kita?

    Salam keberuntungan om warm!

    Like

  4. siuelha

    Aq mau bukunya yg kedua ae om, buku pertama sdh bc n kurang ciamik menurut saya #keplak

    Pertanyaan saya,
    1. Saat bikepack-an trus tiba2 mules gimana penanganan pertamanya om? Ini asumsi sendirian kan

    2. Ceritakan gmn asiknya dijalan pas harus makan, sholat, tidur, ato ketemu org n barang ato situasi yg aneh2 gitu deh… yg membuat om merasa makjleb gituh…

    3. Brp ban yg hrs om siapin dlm sebuah perjalanan yg antar kota kyk kmrn ituh…

    4. Budgetnya sampe kuras tabungan n jatah anak istri nggak om? #siyap2 digebuki istri 😛

    5. mampukah om bikepackan sampe suroboyo?

    Nanti sambung lg, pak bos sdh panggil2, inget ya om buku yg kedua… 😛

    Like

  5. potrehkoneng

    yang buku ms complaint saya sudah punya om. yang haji backpack belum punya. yang gola gong sudah punyaa. jadi saya mau haji backpack aja #dikepruk

    Like

  6. lilliperry

    saya belum punya semua om, jadi saya maunya ms complaint aja *lho*

    1. Waktu om bikepacking, pada kondisi apa om akan menggunakan kata ‘pulang’ tsb?

    2. Bikepacking melewati daerah baru, jika waktu matahari terbenam apakah om melanjutkan perjalanan atau memilih berhenti? jika berhenti tempat paling aman menurut om dimana (jika gak punya sodara/kenalan) dan alasan memilih terus atau berhenti

    3. om kan sudah ber ‘U’ mur, tolong jaga kesehatan ya om *mlipir*

    Like

Comments are closed.