Gratisan

Saya, bagaimanapun masih suka dengan segala sesuatu yang beraroma gratisan.  Tapi saya sangat respek saat mengetahui ada tools yang bisa dipergunakan secara gratisan, jurnal yang bisa didapat dengan gratis, akses internet kesitu juga gratisan.

Perpustakaan kampus menyediakan akses untuk jurnal dan akses itu memang, itu hal yang pertama.

Yang kedua, saya masih berpikir untuk menggunakan analisis pakai tools stats yang mainstream, bukannya apa-apa.  Kalaupun memaksakan menggunakannya, sudah dapat dipastikan saya menggunakan versi bajakan.  Sementara untuk software aslinya entahlah dimana mendapatkannya dan berapa pula harganya.

Untungnya secara tidak sengaja, saat melihat-lihat referensi, ada tools yang bisa dipergunakan secara cuma-cuma,  dan tak cuma satu.  Sampai saat ini paling tidak dua macam untuk analisis yang metode sejenis.

Hebat sekali orang yang rela toolsnya dipakai oleh publik begitu.  Algoritma yang dipakai bukan main rumit bagi logika saya.  Mungkin saja juga dengan aplikasi android yang turunan linux itu, dan juga open sourcing lainnya.

Pokoknya hormat saya untuk para pengembang aplikasi yang sangat membantu orang-orang terutama dengan sumberdaya terbatas macam saya ini hehe, smoga hidup mereka terberkati selalu m/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s