prasangka

/mungkin sekitar jam sembilan pagi,

kemari saat sepedaan sepulang dari pakem, saya sendirian saja karena ada janji mau mampir ke rumah mas mojo, itu nama teman saya.  Mampir paling beberapa menit karena dia mau ada acara lagi, ya paling tidak tahu posisi rumahnya yang relatif masih baru itu.

Sehabis dari situ, gowes santai menuruni jl. palagan, kemudian beberapa kilometer di depan berbelok ke timur untuk menuju jl. kaliurang.  Saat di pertigaan, kebetulan pas lampu merah, saya pun berhenti di barisan paling depan, biasalah daripada kena asap knalpot.

Eh tiba-tiba mobil besar di belakang saya, membunyikan klakson, saya pun mikir, ini apa karena saya menghalangi jalannya, atau posisi saya yang memang terlalu depan sehingga bersentuhan dengan zebra cross.  Yang jelas saya mangkel, wong ya nggak usah pake bunyiin klakson, mengganggu sekali euy, lebih tepatnya rasanya kurang ajar sekali klaksonnya bikin kaget.  Daripada mangkel berkepanjangan, akhirnya saya memutuskan untuk terus saja menyeberang, karena jalan pas sepi.  Kemudian menyusuri arah selatan menuju pulang.

.

/mungkin sekitar jam tiga sore,

memutuskan untuk sholat ashar di masjid nurul ashri, sepedaan santai saja, deket kok. Eh ternyata ketemu lagi dengan mas mojo.  Tampaknya lagi nengok anaknya yang lagi mondok di sekitar situ.  Kemudian ngobrol, katanya..

“pagi tadi saya nyalip njenengan tapi cuek sekali di jalan, terus saya klakson pas di bangjo (lampu abang ijo) pertigaan itu, saya panggil-panggil, eh njenengan malah terus nyeberang, akhirnya nggak kekejar lagi..”

saya pun, terdiam…

One thought on “prasangka

Leave a Reply

