kapal nabi

saya justru teringat akan kaitan riwayat beberapa nabi dan kapal, justru setelah membaca halaman awal buku karangan Robert T. Kiyosaki yang saya lupa judulnya. si robert ini menyinggung riwayat nabi Nuh AS yang nekat membuat kapal besar di tempat yang kering tak berair setelah mendapat wahyu dari Tuhan.  Tak peduli dengan cemoohan orang-orang yang tak mengerti apa yang akan terjadi besok hari.

Nabi kedua yang berhubungan dengan kapal, adalah nabi Yunus AS, tapi nabi yang satu ini justru terpaksa dilempar dari atas kapal karena setelah diundi berulangkali tetap harus memenuhi takdirnya sebagai teguran karena meninggalkan kaumnya yang sudah tobat, dan setelahnya kemudian dilahap ikan Nun.

Yang ketiga adalah saat pertemuan Nabi Musa AS dengan Nabi Khidir AS yang justru merusak kapal yang memberikan mereka tumpangan, sebagai bagian dari rahasia ilmu yang ingin diajarkan. Tapi toh tetap saja nabi Musa AS tak bisa menahan diri untuk bertanya atas ‘keganjilan’ yang ditunjukkan nabi Khidir AS selama di perjalanan.  Padahal syarat untuk mendapatkan ilmu yang dinginkan beliau adalah tidak boleh bertanya apapun yang terjadi.

Kesimpulan sederhana dari tiga kejadian para Nabi dan kapal di atas adalah: siapa yang bisa menebak apa yang akan terjadi di detik waktu yang akan terjadi di depan?  bahkan para nabi pun tak bisa mengetahui tanpa petunjuk dari-Nya, apalagi manusia yang tak ada apa-apanya di atas dunia ini..

Advertisements

3 thoughts on “kapal nabi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s