rekomendasi buku SEM

disclaimer : ini bukan iklan buku, cuma sekedar saran, suer!

Tapi saya tak membicarakan detail SEM ((SEM adalah singkatan dari structural equation modeling, alat bantu statistik untuk mengetahui korelasi antar faktor dalam sebuah model untuk (biasanya) menguji teori)) yang lumayan bikin mumet itu walau hakikatnya sebenernya sih simpel, lha wong tinggal masukkan data, toh nantinya software yang bekerja untuk kita (menggampangkan masalah).

Kelemahan saya terkait sesuatu yang berbau prosedur adalah lelet dalam memahaminya, apalagi jika sebuah prosedur itu kurang detil, lebih-lebih tak menyertakan contoh, lebih parah kalau terkait prosedur yang beraroma angka-angka.

Mungkin sekitar lima buku yang saya baca terkait prosedur sem ini, sebagian kecil memberikan pencerahan, sebagian besar bikin tambah.  Jelas karena frekuensi pesan yang ingin disampaikan penyusun buku tak sampai di antena otak saya yang kapasitasnya ah sudahlah tak usah dibahas.  Apalagi latar belakang penyusun buku itu kecerdasannya mesti di atas rata-rata.  Lha apa mereka ndak mikir kalau orang semacam saya ini semacam jadi korban kekejian mereka #hloh!

Ada yang menurut saya bahasanya terlalu teknis, bisa dimaklumi karena ada beberapa istilah yang memang tak bisa disederhanakan.  Tapi harusnya ada orang jenius bisa menyederhanakan sesuatu yang rumit biar bisa dimengerti siapapun yang tertarik dengan bahasannya.

Ada pula yang terlalu ringkas, cuma membahas secara garis besarnya saja, terkesan terburu-buru dan tidak runut, gaya bahasanya juga kadang terlalu kaku. Ya ya saya ini tipe pembaca egois yang banyak maunya, tapi toh pembaca kan raja.

Syukurnya ternyata ada satu buku yang gaya bahasanya enak diikuti, uraiannya detil, langkah-langkahnya runut  dan yang paling penting adalah menyertakan contoh yang sepertinya lumayan gampang diikuti.  Mungkin karena hal ini pula, buku ini sampai kosong stoknya di empat toko buku yang saya sambangi.  Ujung-ujungnya minjem punya temen.

Saya tampaknya menyarankan buku structural equation modeling dengan Lisrel 8.8 : Konsep & Tutorial yang disusun oleh Setyo Hari Wijanto untuk dibaca, baik untuk riset maupun bahan bacaan iseng di waktu senggang 😐

-m/-

Advertisements

3 thoughts on “rekomendasi buku SEM

  1. Elia Bintang

    Walaupun gak ada hubungannya ama fiksi, saya suka tulisan dari perspektif pembaca gini. Semacam ngasih gambaran ke penulis gimana sebaiknya menulis, apa yang mesti ditingkatin dan jangan dibuat.

    Like

    Reply
  2. fayy

    ahakhak SEM ya… 😀

    om warm hebat euy… 😀 m/

    dulu sy dminta make SEM sama dosen saya, tapi berhubung kemampuan pikir saya minim, saya maksa sahaja pake analisa faktor yg lebih sederhana 😀 #malah curcol -,-

    Like

    Reply
  3. wxrm Post author

    @Elia
    baru ngebaca intinya saja kok, tapi tahapan2nya runut & mudah dipahami, kau musti baca buku ginian juga sesekali, biar ikutan mumet haha

    @fay
    hebat apaan? yg bikin buku tuh yg hebat. Statistik & software kan cuma tools, lagian seperti yg aku bilang di atas itu, biarkan software yg bekerja haha soal interpretasi hasil itu urusan belakangan (lagi2 menggampangkan masalah)

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s