tulisan Elia Bintang

preambule :
kali ini ada penulis baik yang rela jadi penulis tamu di blog ini. jujur sebenarnya saya malu memuat tulisan beliau, karena isinya malah melambungkan perasaan saya, takutnya saya terlempar ke langit dan lupa mendarat lagi ke planet ini, tapi tulisannya memang menyebalkan, rapi sekali, inilah dia tulisannya :

Kebangkitan Blog Jujur
Elia Bintang ((ocehannya kadang-kadang juga bisa ditemui di akun twitternya : @eliabintang))
The author of Pantai Kupu-kupu and the man behind Controversy

Waktu gue nawarin diri untuk nulis guest post di blog ini, Om Warm ngasih respons yang lucu. Dia bilang dia seneng dan kaget karena belum pernah ada yang nulis guest post di sini dan yang nawarin diri adalah penulis beneran. Gue bilang, harusnya gue yang seneng karena bisa nulis di blog blogger lama.

Gue nggak inget sebenernya kapan Om Warm mulai ngeblog, tapi waktu dulu gue mulai taun 2008, dia udah ada. Jadi, mungkin kami mulai barengan atau dia lebih dulu. Dan, yang gue seneng adalah sampe sekarang blog ini masih jujur.

Pada 2011 ada penelitian di Amerika yang salah satu poinnya gini: 84% pengguna internet di Amerika, yang berumur 25 sampe 34, udah ninggalin paling sedikit satu web favorit mereka karena iklan yang nggak relevan dan intrusif. Intrusif maksudnya nyedot perhatian padahal nggak nyambung, jadinya annoying.

Nggak akan jadi berita besar kalo gue bilang saat ini kita semua udah ninggalin—jangankan satu—banyak blog yang dulu sering kita kunjungin. Alesannya biasanya ya iklan, terus tulisan mereka jadi nggak kredibel lagi karena mereka dibayar untuk nulis gitu, dan blog itu udah kehilangan sesuatu yang awalnya bikin kita dateng dan balik-balik lagi.

Bukannya gue anti-iklan. Nggak. Gue cuma anti iklan yang nggak relevan dan intrusif. Gue nggak masalah ama blogger-blogger yang terlibat program afiliasi. Contoh, kalo blogger buku, yang emang gila baca, nge-review satu buku dan dapet komisi karena ada orang beli buku itu lewat link di review-nya, itu sepenuhnya normal. Dia tetep akan baca buku dan bikin review walaupun nggak dibayar. Tulisannya jujur. Kredibilitasnya nggak diragukan. Dan dia tetep bisa lakuin itu selama yang dia mau.

Tapi ada orang-orang yang lambat baca situasi. Mereka tetep lakuin hal yang sama walaupun blog mereka makin lama makin sepi. Mereka ini, dalam waktu dekat, mesti cari cara lain kalo masih pengen dapet duit dari blog.

Pernah ada artikel gue yang ditwit sama Om Warm. Pernah juga sama orang yang jumlah follower-nya lima kali lipat lebih banyak tapi kredibilitasnya diragukan. Hasilnya, twit dari Om Warm datengin traffic sepuluh kali lipat lebih tinggi daripada twit orang itu. Padahal kontennya, menurut gue, sama-sama menarik—atau sama-sama nggak menarik.

Banyak perusahaan, atau individu yang kerjaannya berkaitan erat dengan publik, nggak ngerti soal media sosial dan apa pun yang berhubungan ama internet marketing. Tapi mereka nggak akan selamanya nggak ngerti. Padahal teorinya sederhana banget: kita lebih percaya ide yang disebarkan oleh orang yang punya kredibilitas.

Blogger kayak Om Warm mungkin nggak banyak tersisa di Indonesia. Tapi justru blog-blog yang sedikit itulah yang masih enak dibaca dan ngasih informasi yang nggak bias. Perkara itu diliat sebagai kesempatan untuk cari duit atau nggak, itu pilihan masing-masing. Tapi satu hal udah jelas: blog kayak gini ternyata menyimpan kekuatan sosial yang selama ini kurang diperhitungkan.

-m/-

2 thoughts on “tulisan Elia Bintang

  1. galihsatria

    Pernah beberapa kali saya ditawari untuk melakukan paid review, dengan syarat artikel sudah ada dan tinggal di-publish. Saya ga tanggapi karena ingin tulisan-tulisan di blog tetap jujur. Kalaupun ada review itu karena saya ingin mereview, bukan karena dibayar. Padahal jumlah pembaca blog saya paling bisa dihitung dengan jari, sok betul ya, hehehe…

    Like

    Reply

Leave a Reply

