sampai Ancol !

..akibat penasaran yang dipendam sejak lama, karena entah berapa ratus kali melewati daerah yang dikasih nama selokan Mataram, tapi belum pernah tahu gimana sebenarnya keadaan sepanjang selokan yang panjangnya ternyata edan sekali itu, akhirnya tadi pagi sampai juga ke hulunya.

Sejarah singkat tentang selokan Mataram silakan dibaca sendiri di om wiki sana :mrgreen:  Sedangkan peta selokan Mataram secara keseluruhan bisa di intip disitu. Saya sendiri tadi memulainya tidak dari ujung timur, tapi dari titik selokan sekitar UGM.

Jalan yang dilalui sepanjang sisi selokan beragam sekali, dari aspal mulus, aspal kurang mulus, aspal rusak, beton, sampai jalan setapak, jalannya sendiri relatif datar.  Cuma itu selokan karya orang Jogja tempo dulu itu beneran karya yang cerdas, baik idenya, perencanaannya sampai pengerjaannya, gak habis pikir berkilo-kilometer bikin saluran air, sampai ada yang dibuat melintasi sungai, lewat atas sampai bisa dibikin jalan diatasnya, maupun lewat gorong-gorong di bawah sungai.

Tadinya menelusuri jalan sepanjang sisi selokan tanpa putus, sampai akhirnya selokan terputus di sisi timur sungai Krasak, disini selokan mengarah ke bawah, melewati saluran yang dibikin di bawah sungai Krasak untuk terus tembus ke seberangnya.  Terpaksa muter sedikit lewat jalan apa namanya lupa, yang jelas masuk perbatasan Jogja-Jateng, masuk Bligo, dan tak lama sampailah di Ancol yang mana ternyata adalah sebuah bendungan.

Sesampai disana, yaelah sepagi itu nemu sepasang orang pacaran.  Turun sebentar liat sungai yang merupakan ujung alias hulu selokan Mataram, numpang pipis sebentar, lalu pulang.

Pulang pergi terasa nyaman udaranya, selain banyak melewati persawahan, bahkan kebun tebu, sepanjang sisi jalanan terdapat banyak pohon berjejer, dari semacam Swietenia macrophylla dan kawan-kawannya, terasa segali limpahan oksigen sepanjang jalan yang membuat sukses tidak minum dari awal berangkat sampai kembali ke rumah.

Jadi, ya tour de selokan ini, sungguh keren dan saya rekomendasikan bagi kawan-kawan yang ingin merasakan alternatif perjalanan yang asik tapi tak begitu capek, meskipun perjalanan total pulang pergi sekitar 50 km lebih.

Saya jadi penasaran ingin tahu ujung satunya alias hilir selokan Mataram yang  berujung di sungai Opak, apa sore ini kesitu ya ? 😀

7 thoughts on “sampai Ancol !

Leave a comment